Cara Mengatasi dan Mengobati Penyakit Tomcat

(Sumber foto: Greeners.co)

Mumumag.com – Tomcat termasuk salah satu jenis kumbang yang dinamai Paederus, karena cairan hemolimpfa yang ada dalam rongga tubuhnya mengandung senyawa beracun yang disebut paederin. Tomcat tidak menggigit atau menyengat, namun tepukan atau gencetan pada kumbang di atas kulit akan memicu pengeluaran materi aktifnya berupa pederin. Racun paederin sangat merusak kulit kita, dalam dunia kedokteran sanggup menyebabkan penyakit hermatitis. Ketika cairan racun ini keluar dari badan serangga lalu melekat di permukaan kulit akan menyebabkan tanda-tanda gatal-gatal, melepuh dan jikalau terjadi jerawat sekunder maka akan menjadi lebih parah.

Kumbang tomcat berukuran panjang 7-10 mm dan lebar 0,5 mm. Tubuhnya ramping dengan ujung bab perut (abdomen) meruncing, Ciri serangga ini yakni kepalanya hitam, dada dan perut berwarna orange/merah dan sayapnya hitam dan tidak menutupi seluruh tubuh. Tomcat mempunyai habitat dimana saja sanggup di sawah, pekarangan, pohon dalam rumah, dan- lain-lain. Secara alami ia tidak punya misi menyerang insan hanya mempunyai tujuan untuk mencari makan dan lebih banyak aktif pada malam hari, cirinya mereka tertarik dengan cahaya lampu

Jika menemui tomcat cukup meniupnya saja supaya pergi atau menawarkan kertas/ tisu diantara kulit kita dengan tomcat untuk memindahkannya. Jangan pribadi ditepuk alasannya yakni cairan racun paederin sanggup keluar. Lakukan hal yang semaksimal mungkin menghindari kontak dengan tomcat. Berikut merupakan sepuluh langkah upaya pengendalian tomcat yang sanggup dilakukan oleh masyarakat :

  1. Jika menemukan serangga ini, jangan dipencet, semoga racun tidak mengenai kulit.
  2. Hindari terkena kumbang ini pada kulit terbuka.
  3. Bila kumbang di kulit kita, singkirkan hati-hati, meniup atau mengunakan kertas.
  4. Jangan menggosok kulit dan atau mata bila kumbang ini terkena kulit .
  5. Segera basuh dengan air mengalir dan sabun pada kulit yang bersentuhan dengan kumbang.
  6. Usahakan pintu tertutup dan bila ada jendela diberi kasa nyamuk untuk mencegah kumbang ini masuk.
  7. Tidur memakai kelambu.
  8. Lampu diberi jaring pelindung untuk mencegah kumbang jatuh ke manusia.
  9. Semprot dengan insektisida rumah tangga, harus dipastikan terkena pribadi pada serangga sasaran.
  10. Bersihkan lingkungan rumah, terutama tanaman yang tidak terawat yang ada disekitar rumah yang sanggup menjadi tempat kumbang Paederus (Kementrian Kesehatan RI, 2012).

Bila kulit kita sudah gata-gatal atau melepuh jawaban racun tomcat. Pengobat yang dilakukan pada penyakit tomcat ini adalah:

  1. Bila terkena racun Tomcat segera bilas dengan air sabun semoga racun yang melekat pada kulit hilang.
  2. Jangan menggaruk bab kulit yang terkena racun alasannya yakni sanggup menyebar di kawasan kulit lain.
  3. Gunakan salep Hydrocortisone (1%), salep Acyclovir (5%), salep Betametasone, antibiotik Neomycin Sulfat tiga kali sehari (harus sesuai dengan petunjuk dokter).
  4. Pergilah ke dokter untuk berkonsultasi.

Similar Posts